KPU Prabumulih Gelar Coklit Serentak

PRABUMULIH, PUBLIKZONE - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Prabumulih mulai melakukan gerakan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak terhadap data daftar penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) di wilayah enam kecamatan kota Prabumulih. 

Enam kecamatan tersebut mencakup wilayah kecamatan Rambang Kapak Tengah, Kecamatan Prabumulih Barat, Kecamatan Prabumulih Utara, Kecamatan Prabumulih Selatan, Kecamatan Prabumulih Timur dan Kecamatan Cambai kota Prabumulih.

Untuk Wilayah kecamatan Prabumulih Barat, kelurahan Patih Galung Kota Prabumulih, kegiatan mencoklit dibuka langsung Anggota Komisioner KPU Prabumulih Surajuddin, SH yang diselenggarakan di lapangan Kantor Lurah Patih Galung, Sabtu (20/01/2018) pukul 08.00 wib. 

Surajudin, SH mengatakan Gerakan coklit serentak akan dilaksanakan selama satu bulan, dimulai pada 20 Januari hingga 18 februari nanti di seluruh wilayah enam kecamatan Kota Prabumulih, dengan target coklit satu petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) akan mendata minimal 5 rumah (per Kartu keluarga) dalam satu hari.

"Coklit yang kita laksanakan merupakan upaya untuk pemutahiran DP4 yang diterima pihak KPU sebelumnya. Nantinya Ke 25 Petugas PPDP Dilapangan dapat menyusun data yang akurat sesuai petunjuk arahan yang kita berikan. Kita targetkan untuk satu petugas minimal dapat mendata 5 KK dalam satu hari," Ujar Sirajudin SH, Saat di wawancarai Pubkikzone. com. 

Sirajuddin menambahkan pemutahiran data ini bertujuan untuk menkoreksi DP4 yang diterima pihak KPU. Berkemungkinan ada sebagian warga tidak memenuhi syarat untuk jadi pemilih seperti TNI dan Polri. Ataupun ada warga yang telah meninggal tetapi masih masuk dalam DP4 maka akan kita coret. Sementara warga yang berusia 17 tahun namun belum masukkan ke ceklist daftar maka akan ditambahkan dengan keterangan belum terdaftar. 

Komisioner KPU Kota Prabumulih ini, berharap agar seluruh masyarakat yang dimasukkan dalam daftar pemilih memang benar benar orang yang bersangkutan. hal ini tujuan agar data tersebut bisa valid tanpa ada perubahan lagi. 

"Kita Berharap agar masyarakat dapat bekerjasama dengan menunjukkan data data asli kependudukan.  Bagi masyarakat yang telah masuk dalam DP4 dapat menggunakan hak pilihnya dengan baik pada pemilihan kepala daerah Periode 2018- 2023 ini, Ujarnya.  (Ard)

Posting Komentar

0 Komentar