Kawanan Pecuri Walet Diamuk Masa

PRABUMULIH, PUBLIKZONE - Aksi empat pelaku pencurian sarang burung walet di ruko milik korban Yanto, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Gunung Ibul Barat, Kecamatan Prabumulih Timur, berhasil digagalkan warga. Tiga dari Empat pelaku menjadi amukan warga yang kesal dengan ulah mereka, Sementara satu pelaku lolos dari kejaran warga, Sabtu malam (27/1) sekitar pukul 21.00 wib. 

Beruntung nyawa ketiga pelaku berhasil diselamatkan setelah anggota Mapolsek Prabumulih Timur datang ke lokasi kejadian dan mengamankan ketiganya. Namun, satu pelaku bernama Melki Nainggolan (28) warga Jalan Sukabangun II Palembang harus dilarikan ke RSUD Prabumulih lantaran nekad melompat dari atas ruko dua lantai.

Sedangkan dua pelaku lainnya yakni Erik Junaidi Sinaga (36) warga Jalan Sukabangun II Palembang dan Eko Saputra (30), warga Jalan Peltu Tulus Yahya Palembang diamankan di Mapolsek Prabumulih Timur. Sementara satu pelaku lainnya berinisial ED (38) warga Prabumulih berhasil kabur dari kepungan warga.

Informasi yang dihimpun, aksi yang dilakukan empat kawanan pencuri itu diketahui saat korban Yanto hendak mengecek ruko sarang walet miliknya. Korban curiga melihat ada orang (ED, red) mengendap-endap di belakang ruko.

Curiga dengan gerak-gerik pelaku, korban pun kemudian menghubungi ketua RT. Tak lama kemudian ketua RT pun datang bersama sejumlah warga dan langsung melakukan pengepungan.

Namun, sayangnya pelaku ED berhasik kabur. Sementara satu pelaku yakni Melki yang panik aksinya diketahui warga kemudian mencoba kabur dengan cara melompat dari atas ruko. Sayangnya usaha pelaku sia-sia lantaran harus mengalami luka robek pada kepala bagian belakang dan tak sadarkan diri. Sedangkan, dua pelaku lainnya berhasil diamankan oleh warga yang saat itu terjebak di dalam ruko.

Kapolres Prabumulih AKBP Andes Purwanti SE melalui Kapolsek Prabumulih Timur AKP Nando SH didampingi Kanitreskrim Ipda M Tagor Lubis mengatakan, pihaknya mendapatkan laporan ada pelaku pencurian yang diamankan warga. Mendapat laporan tersebut pihaknya langsung meluncur ke lokasi dan mengamankan ketiga pelaku.

"Satu pelaku harus dirawat karena mengalami luka pada bagian kepala akibat melompat dari atas ruko. Dua pelaku lainnya sudah diamankan. Sedangkan satu pelaku lainnya masih dalam pengejaran," ujar Tigor.

Sementara itu, berdasarkan pengakuan Erik aksi pencurian yang ia lakukan bersama tiga rekannya didalangi oleh ED. Ketiganya diajak ED untuk mencuri sarang walet di wilayah Prabumulih.

"Kami dak tahu lokasinyo di Prabumulih nak beraksi maleng sarang burung walet, ED yang tahu nian. Kami nih diajaknyo, sejak sore kami berangkat dari Palembang. Kami manjat pake tali masuk ke ruko nih, ED nunggu dibawah," ceritanya kepada petugas. (Andri. K) 

Posting Komentar

0 Komentar