publikzone


Gorong Gorong Sungai Sungsang Terancam Ambruk

PALI - publikzone.com - Kanal saluran air ( Gorong gorong) Sungai Sungsang yang terletak di jalan protokol km 9 Talang Kelapa kelurahan Handayani Mulya, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), kini kondisinya sangat mengkhawatirkan dan bisa terancam ambruk apabila tidak cepat diperbaiki.

Pasalnya dari sisi hulu sungai telah terdapat keretakan yang cukup besar, bahkan semen coran drainase tersebut sudah terlihat menurun dan berlubang. Dari sisi badan jalan, sudah mulai terlihat retak retak seperti garisan kecil yang sewaktu waktu bisa melebar, karena pondasi lantai makin labil akibat gerusan derasnya arus air.

Berdasarkan penuturan dari beberapa warga yang melintasi jalan itu, menurunya saluran air tersebut dikarenakan gerusan arus air sungai sungsang yang sempat meluap membanjiri badan jalan beberapa bulan terakhir ini. Diketahui, saluran air tersebut sudah pernah diperbaiki oleh pihak pemerintah daerah melalui rekanan kontraktor.

" Sejak beberapa bulan terakhir, air sungsang ini meningkat volumenya, kemarin saja sempat banjir, padahal sudah dinormalisasi oleh pihak pemerintah kabupaten PALI, saya kira penyebab menurutnya Gorong Gorong ini, adalah akibat arus air yang terlalu deras, sehingga dinding drainase itu tidak mampu menahan debit air," tutur Samsul (45) salah satu warga yang sempat dibincangipublikzone.com, Kamis (4/1).

Sementara Idris Dendi, ketua Rt.17 Rw 04, Kelurahan Handayani Mulya mengakui adanya penurunan pada fisik bangunan, dirinya mengatakan beberapa waktu lalu diatas permukaan saluran air tepatnya disebelah hulu sungai tersebut, pernah mengalami hal yang serupa, namun cepat diperbaiki oleh pihak Dinas Perkerjaan Umum kabupaten PALI, melalui pihak ketiga, tetapi sepertinya kini kembali jebol. 

" Saya lihat beberapa bulan yang lalu, persis ditempat yang jebol itu, pernah diperbaiki, tetapi kini coba lihat sendiri keadaanya, sudah rusak dan mengkhawatirkan, karena jalan ini merupakan jalan lintas, banyak dilalui kendaraan berat, kalau tidak cepat diperbaiki saluran air ini bisa terancam ambruk, " singkatnya. (ST)

Posting Komentar

0 Komentar