publikzone


DPRD Sumsel Akan Gelar Rapat Pemekaran Kabupaten Gelumbang

MUARAENIM, PUBLIKZONE- Masyarakat di enam kecamatan wilayah zona 3 Kabupaten Muara Enim mendapatkan angin segar terkait pembentukan kabupaten Gelumbang. Rencanya DPRD Sumatera Selatan akan menggelar Rapat Paripurna  bakal calon kabupaten Gelumbang pada hari senin mendatang (22/1/2018).

Kelima kecamatan yang masuk wilayah kabupaten baru itu yaitu Kecamatan Gelumbang, Sungai Rotan, Lembak, Muara Belida, Kelekar, dan Belida Darat. 

“Alhamdulillah In Shaa Allah, DPRD Sumsel Senin (22/1) akan menggelar rapat paripurna bakal pemekaran Kabupaten Gelumbang. Ini berkat doa dan usaha masyarakat wilayah calon Kabupaten Gelumbang,” ujar Ketua dewan penasihat Presidium Pemekaran Kabupaten Gelumbang (PPKG) Ir H Hanan Zulkarnain, Sabtu (13/1/2018).

Bahkan, pihaknya sudah melakukan koordinasi Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel masalah akan digelarnya rapat tersebut. “Pembahasan rapat bakal pemekaran Kabupaten Gelumbang sudah terjadwal oleh biro Otoda Pemprov Sumsel,” ungkap Hanan yang akan maju menjadi Wakil Bupati Muara Enim berpasangan dengan Syamsul Bahri.

Menurut Hanan, dirinya bersama presidium dan masyarakat calon wilayah Kabupaten Gelumbang akan secara langsung menghadiri rapat tersebut. “Ya, akan ada ribuan masyarakat baik itu kepala desa, perangkat desa, dan presidium akan dapat ke DPRD Sumsel. Ini bentuk luapan kegembiraan masyarakat bakal diusulkan Gelumbang menjadi Kabupaten,” pungkas mantan Wakil Bupati Muara Enim ini.

Untuk itu, ia mengharapkan calon yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) agar bersatu sehingga apa yang dicita-cita masyarakat wilayah bakal Kabupaten Gelumbang dapat terwujud. “Ada 3 calon yang akan maju Pilkada Muara Enim berasal dari wilayah zona 3. Ya, kita harapkan kesampingkan dulu Pilkada. Mari kita bersama-sama mewujudkan agar wilayah zona 3 dapat menjadi kabupaten,” imbuh Hanan.

Ia mengharapkan agar DPRD dan Gubernur Sumsel untuk menyetujui dan menandatangani bakal pemekaran Kabupaten Gelumbang. “Intinya Pak Alex (gubernur, red) sangat merespon dan menyetujui. Beliau bilang sudah sepantasnya Gelumbang jadi kabupaten,” ungkap Hanan.

Setelah ditandatangan Ketua DPRD dan Gubernur Sumsel, dijelaskan Hanan, berkas tersebut akan langsung disampaikan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri). “Ya, kita akan minta Kemendagri mengusulkan ke DPR RI untuk segera dibahas,” ujar Hanan.

Senada Ketua PPKG H Rani Kodim sangat senang sekali akan adanya rapat paripurna pembahasan bakal pemekaran Kabupaten Gelumbang. “Saya dan masyarakat sangat gembira sekali mendengar akan digelarnya rapat paripurna oleh DPRD Sumsel nanti,” kata Rani.

Menurut dia, pihaknya juga sudah mempersiapkan segala sesuatu untuk ikut rapat tersebut. “In shaa Allah ribuan masyarakat akan hadir menyaksikan langsung penandatanganan yang akan dilakukan oleh Ketua DRPD dan Gubernur Sumsel,” ungkap Rani.

Terpisah Ketua DPRD Sumsel Giri Ramanda Kiemas membenarkan akan digelarnya rapat paripurna pembahasan bakal pemekaran Kabupaten Gelumbang. “In shaa Allah Senin (22/1/2018). Saat ini masih dibahas oleh Komisi 1 DPRD Sumsel,” pungkas Giri yang akan maju Pilkada Gubernur Sumsel berpasangan dengan Dodi Reza Alex. (nor) 

Posting Komentar

0 Komentar