Bangunan Tak Sesuai RAB, Jangan Dibayar 100 Persen

Prabumulih, Publikzone - Proyek pembangunan Drainase di wilayah Perumnas IV Gunung Ibul, Kelurahan Gunung Ibul, Kecamatan Prabumulih Timur dicuriagai masyarakat terjadi penyimpangan, sehingga secara fisik bangunan yang menghabiskan pagu anggaran APBD senilai 731 juta tersebut diduga tidak sesuai dengan Rancangan Anggaran Belanja (RAB) yang telah ditentukan.

Diketahui, pembangunan Drainase yang baru berusia 2 Bulan tersebut sudah mengalami keretakan di beberapa titik bahkan sebagian dinding drainase ada yang ambruk sepanjang 1,5 meter.

"Secara fisik proyek yang sudah dibangun banyak mengalami keretakan dan amblas. Jadi sudah di bangun, kemudian rusak dan direhabilitasi kembali,inilah yang mencurigakan kami," Ujar salah satu masyarakat yang sempat di temui publikzone di wilayah tersebut.

Sementara itu, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) kota Prabumulih, M Sufi, ST mengatakan Ambruknya drainase tersebut akibat adanya unsur sabotase oleh oknum tidak bertanggung jawab. Saat petugas pengawasan melakukan pengecekan didapati ada salah seorang warga tengah merusak bangunan drainase tersebut.

"Orang itu merusak bangunan drainase dengan cara memukuli tembok bangunan dengan linggis dan martil. Sayangnya saat hendak ditanyai oleh petugas orang itu langsung kabur," ujar Sufi saat di konfirmasi, Senin (22/1/2018).

Sufi Menambahkan, Proyek tersebut masih dalam tahap pemeliharaan dan sudah sesuai standar pengerjaan yang ditentukan, pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak rekanan untuk melakukan perbaikan kerusakan drainase.

"Saat pembangunan dikerjakan, pihak pengawas sudah diterjunkan untuk memantau langsung proses pengerjaan proyek, saya rasa itu sudah standar. Kita berharap masyarakat dapat menjaga bersama-sama infrastruktur yang telah dibangun pemerintah, jangan malah dirusak," katanya.

Terpisah, Kajari Kota Prabumulih M. Husain Admaja SH MH mengatakan, secara teknis pihaknya akan berkoordinasi dengan inspektorat kota Prabumulih. Jika ditemukan kekurangan volume maka pihak pemerintah harus membayar sesuai dengan ketentuan bangunan yang terpasang. Pihaknya akan memantau terus dan melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar tidak ada kerugian Negara akibat kejadian ini. 

"Kita akan melayangkan Surat ke inspektorat mengenai pembangunan drainase di vinasejahtera, dan sekarang ini masih massa pemeliharaan, kalau memang pekerjaan tersebut dicurigai tidak sesuai RAB, jangan dibayar 100 Persen, tetapi bayar sesuai dengan berapa bahan bangunan yang terpasang," Tutupnya.

Posting Komentar

0 Komentar