publikzone


Virus Difteri Rentan Serang Anak Anak

PRABUMULIH, PUBLIKZONE - Difteri adalah infeksi bakteri yang umumnya menyerang selaput lendir pada hidung dan tenggorokan. Penyakit ini sangat menular dan dapat menyebabkan penderitanya meninggal dunia.

Penyebaran bakteri ini dapat terjadi dengan mudah, terutama bagi orang yang tidak mendapatkan vaksin difteri. Ada sejumlah cara penularan yang perlu diwaspadai, seperti: Terhirup percikan ludah penderita di udara saat penderita bersin atau batuk, sera pemakaian bersama mainan atau handuk yang sudah terkontaminasi bakteri virus ini.

Virus ini membunuh sel-sel sehat dalam tenggorokan, sel-sel yang mati inilah yang akan membentuk lapisan tipis berwarna abu-abu, disamping itu, racun yang dihasilkan juga berpotensi menyebar dalam aliran darah dan merusak jantung, ginjal serta sistem saraf.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Prabumulih, Dr. Happy Tedjo Cahyo mengatakan dalam kurun waktu terakhir belum ditemukan penderita Difteri di kota prabumulih.

Meskipun demikian Dinas Kesehatan Prabumulih terus melakukan imunisasi vaksin pencegahan baik datang kesekolah sekolah maupun imunisasi di seluruh layanan kesehatan di kota Prabumulih.

"Alhamdulillah hingga saat ini belum ada di temukan korban difteri di kota Nanas ini. Namun di himbau agar ibu -ibu yang balitanya belum di imunisasi segera mendatangi posyandu dan puskesmas terdekat. Baik warga Prabumulih maupun penduduk datangan, tidak usah takut", tegas Dr Happy Tedjo.

Dirinya menambahkan, saat ini dinas kesehatan telah melakukan vaksinasi kedaerah daerah terpencil yang sudah mencapai target 90 persen. (red)

Posting Komentar

0 Komentar