Home » » AWMI Susun Konsep Pendidikan Para Wartawan

AWMI Susun Konsep Pendidikan Para Wartawan

Written By zonapublik on Kamis, 02 November 2017 | 23.50

Palembang, Publikzone - Aliansi Wartawan Muda Indonesia (AWMI) hadir ditengah - tengah jurnalis sebagai wadah organisasi profesi yang akan membentuk karakteristik wartawan yang profesional, bertanggung jawab, berharkat dan bermartabat.

Ketua DPP AWMI Jumari Purnama, S.Kom mengatakan AWMI merupakn wadah pemersatu wartawan Indonesia berharap agar mempunyai kwalitas sehingga mampu menjaga amanat uu pers no 40 tahun 1999 dan kode etik jurnalisitik, bukan hanya itu selain kwalitas juga harus didukung kwantitas, karena peran media bukan hanya sebagai penyeimbang di negara demokrasi seperti di Indonesia tapi media juga sebagai lembaga ekonomi, dalam memenuhi kebutuhan internal, perusahaan media harus memiliki manajemen dan marketing, untuk itu jurnalis yang bekerja di perusahaan media juga harus punya nilai jual.

Ditambahkan Jumari, sesuai dengan perkembangan zaman, wartawan harus mampu berdiri diantara idealis dan bisnis, untuk itu AWMI tengah berbenah diri dan juga menyusun konsep guna melakukan pendidikan - pendidikan di bidang jurnalistik, dan AWMI akan memulai pendidikan jurnalistik mulai dari pengurus baik di tingkat dpp, dpd dan dpc, serta akan berkembang ke seluruh anggota AWMI yang ada.(3/11)

Lanjut kepala bagian hubungan masyarakat (Kabag Humas) AWMI Yuliandi Iskandar mengatakan, Tujuan utama AWMI adalah untuk menciptakan wartawan yang memiliki ilmu dan mental jurnalistik, dengan begitu, para wartawan bisa bekerja secara profesional dan tidak mudah di interfensi, jadi fungsi kita dalam mencari, memperoleh, mengolah, menyimpan dan menyebarluaskan informasi sebagaimana yang tertuang dalam uu pers no 40 tahun 1999 bisa berjalan dengan baik.

Kata Yuliandy, seperti diamanatkan kode etik jurnistik, keberimbangan berita sangat penting, untuk itu baik investigasi kelapangan maupun  wawancara dengan nara sumber harus dilakukan wartawan, untuk melakukan itu semua di perlukan ilmu dan mental jurnalistik yang cukup, tutup yuliandy.

Sementara itu, Ketua Dpd AWMI Sumatera Selatan Abi Samran, SH mengatakan AWMI merupakan organisasi yang handal. Menurutnya pendidikan jurnalistik yang akan diterapkan dikepengurusan tingkat DPP, DPD dan DPC merupakan salah satu langkah positif dalam membentuk mental dan karakteristik wartawan yang profesional dan tidak mudah diintervensi.

Ditambahkan Abi, Salah satu indikator penting dalam menentukan indeks Profesionalitas seorang wartawan adalah dengan meningkatkan ilmu di bidang jurnalistik, tentunya hal ini menjadi prioritas utama AWMI.

Selaku ketua DPD AWMI Sumsel, Abi menyambut baik aktivitas positif yang mengarah pada pencapaian suatu prestasi dalam berkomitmen menjadikan insan pers berwawasan tinggi di bidang jurnalistik. (Red)
Share this article :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Jun Manurung | Jun dkk
Copyright © 2016. Publik Zone - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by POSMETRO CYBER GROUP
Proudly powered by Blogger