publikzone


Puluhan Hewan Ternak Ditertibkan Satpol PP

PALI - publikzone.com - Satuan polisi Pamong Praja (Satpol PP) kabupaten penukal abab lematang ilir (PALI) melakukan penertipan hewan ternak kaki empat yang berkeliaran didesa desa dilima kecamatan seKabupaten PALI.

Namun, untuk kali ini tim belum memberikan sangsi berat hanya memperingati pemilik hewan itu dan diminta menandatangani surat perjanjian tak melepas lagi binatang piaraannya.

Yang menjadi Target sasaran pertama Tim adalah Desa Simpang Tais kecamatan talang ubi, desa ini merupakan ring utama memasuki kota pendopo, didesa ini sedikitnya tim menangkap puluhan ekor kambing yang dilepas pemiliknya.

Kepala Satpol PP Kabupaten PALI, Usmanto SIP Msi. mengatakan, hewan ternak berupa kambing yang ditangkap tersebut, selannjutnya diamankan dikantor kepala desa setempat dan pemiliknya diminta hadir.

“Karena ini baru kali pertama penertiban, maka kepada pemilik hanya diberikan peringatan dan diminta menandatangani surat perjanjian, bahwa tidak akan melepaskan hewan ternaknya di jalan umum atau berkeliaran,” ujar Usmanto kepada publikzone.com, jumat (4/8).

Menurut Usmanto, penertiban hewan berkeliaran di jalan umum itu terus dilakukan secara rutin didesa desa, Sementara itu penertiban juga sesuai dengan intruksi Bupati PALI beberapa waktu lalu tentang penertiban hewan ternak.

Selain itu menurutnya hal ini dilakukan guna mendukung program Stop Mising Siang (SMS) yang sedang gencar gencarnya dicanangkan sekarang ini dengan adanya penertipan ini sedikitnya mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kotoran hewan tersebut.

"Kedepan, bagi pemilik hewan ternak yang tertangkap petugas, baik itu hewan sapi/kerbau maupun kambing. akan dikenakan sangsi berupa denda sesuai perda," Tegasnya.

Sementara Kepala Desa Simpang Tais Erika Peru, mengakui adanya hewan ternak milik warganya yang ditertipkan tim Satpol PP, menurutnya penertipan tersebut dan dirinya mendukung sepenuhnya kegiatan ini selain itu dirinya berkeinginan supaya kedepan desa yang dipimpinnya tertip dan bebebas dari berbagai penyakit.

" Saya selaku pemerintah desa jelas mendukung apa yang dilakukan pemerintah kabupaten, seperti hari ini ada beberapa ekor kambing yang ditangkap tim untuk ditertipkan, kurasa kedepan warga saya akan mengandangkan hewan ternaknya," Ungkapnya.

Lanjutnya, saya berharap desa simpang tais ini bebas dari berbagai penyakit yang ditularkan bakteri dari kotoran hewan dan Buang Air Besar (BAB) oleh warga yang buang air besar sembarangan," tandasnya. (St)

Posting Komentar

0 Komentar