publikzone


 

Hidupkan Budaya Santun Melalui Pantun

PALI - Publikzone.com - Upaya Dewan Kesenian PALI (DKP) dalam mengembangkan Kebudayaan khas Bumi Serepat Serasan, tampaknya patut diacungkan jempol, ditengah globalisasi tatanan bahasa sekarang ini yang kian rancu, DKP berkomitmen untuk melestarikan budaya adat istiadat, terutama di bidang seni tutur.

Seperti dalam rangka menyambut dan memeriahkan HUT-RI ke 72 ditahun 2017 dewan kesenian PALI menggelar lombah cipta pantun khas PALI kerjasama media lokal, didukung perusahaan PT.Pertamina Ep 2 Pendopoo, dan Bank Sumsel Babel.

Melalui cipta pantun khas PALI ini, ketua dewan kesenian PALI Aka kholik Darlin SP.d.I,MM berharap kebudayaan ini bisa lestarikan pemuda-pemudi penerus bangsa nantinya. Karena menurut anggota Dprd Pali itu, semakin hari kebudayaan lokal seperti pantun, senjang, tari burung putih, hampir tidak pernah muncul lagi dan nyaris hilang dikalangan masyarakat, khususnya masyarakat PALI.

"Kita berupaya meningkatkan minat masyarakat untuk melastarikan budaya kita dahulu, menurut saya pantun merupakan bahasa yang santun untuk disampaikan dengan bahasa sindiran yang mempunyai makna sangat dalam" papar Aka Kholik.

Joko Sadewo SH. selaku ketua penyelenggara lombah cipta pantun khas Pali memaparkan tata cara kompetisi untuk para perserta yang minat mengikuti lombah, menurutnya pantun  masing masing yang dimuat dimedia sosial (medsos) di group lomba melalui akun facebok oleh para netizen akan dinilai oleh para perserta itu sendiri dengan cara like (suka).

"Syaratnya pantun ciptaan sendiri dan berbahasa Pali, untuk tema kita bebas yang penting empat baris, dan maksimal pantun lima kali posting didinding group, untuk menentukan pemenangnya kita bisa lihat dari siapa yang banyak disukai (LIKE).

Selain itu dikatakannya untuk para pemenang lombah akan diumumkan. Dan berhadiah berupa tiga unit (3)Handphone (HP) layar sentuh Androd yang lagi ngetren dikalangan muda mudi saat ini, untuk masing masing pemenang. (St)

Posting Komentar

0 Komentar