publikzone


 

2017 Pasien DBD Kota Prabumulih Menurun

Prabumulih, PZ- Penyakit Demam Berdarah ( DBD) merupakan jenis penyakit yang disebabkan oleh gigitan nyamuk Aedes aegepty yang hidup dan bersarang pada tempat tempat  tergenang air. Virus yang ditimbulkan dan ditularkan oleh nyamuk ini  dapat membuat suhu tubuh penderita menjadi sangat tinggi, pada umumnya disertai dengan sakit kepala, nyeri otot ,sendi, serta mata terasa panas.

"Penyakit  ini tergolong penyakit yang buruk karena dapat menyebabkan penderitanya  mengalami kerusakan pada pembuluh darah dan kelenjar getah bening, muntah muntah yang disertai darah, gusi dan hidung berdarah dan pembengkakan organ hati yang menyebabkan perut menjadi sakit," ujar kepala Dinas Kesehatan Happy Tedjo TS saat ditemui diruang kerjanya.

Menurut data yang dihimpun oleh ruang arsif Dinkes Kota Prabumulih di awal Januari 2017 hanya 12 orang yang terkena DBD dan diawal Maret menurun menjadi 2 orang saja.

"Dari awal Januari hingga Februari 2017 lalu, dari 12 orang yang terkena DBD sekarang di awal Maret turun jadi 2 orang saja. Dan kita berharap, warga tak ada yang terkena penyakit itu,” ujar DR Happy Tedjo

Tedjo  juga mengimbau agar masyarakat selalu melakukan 3 M (menguras, mengubur, dan menutup). Membersihkan bak mandi dan menaburkan serbuk Abate dan membersihkan barang barang bekas yang dapat menampung genangan air, Sedangkan untuk bak penampungan air, kalau tidak terpakai kiranya ditutup saja,” tandasnya. (Supyan)

Posting Komentar

0 Komentar