publikzone


 

Di Musi Rawas Banjir Rendam Tiga Desa

MUSIRAWAS, PS--Banjir bandang akibat luapan sungai musi, membuat pemukiman warga tiga desa diantaranya Desa Muara Kelingi, Bingin Jungut dan Pulau Panggung terendam air setinggi 30 centimeter sampai satu meter. Akibat banjir tersebut, setidaknya sebanyak 90 kepala keluarga (KK) mengungsi ketempat yang lebih tinggi.

Ketua Rt 1 Desa Pulau Panggung Jana mengatakan, air luapan sungai yang membanjiri wilayah desanya, terjadi Senin (7/4) pada pukul 08.00 WIB. Beruntung, air yang belum sempat menggenangi lantai rumah warga, telah diketahui dan beberapa penduduk sudah mengungsi ke rumah-rumah saudaranya yang tidak terkena banjir.

"Sehari sebelumnya, memang debit air sungai cukup tinggi dan sudah meluap sampai ke permukaan tanah. Tetapi, hal itu sudah diantisipasi penduduk karena, memang setiap tahunnya lokasi ini sering menjadi langganan banjir," jelasnya.

Ia menambahkan, arus sungai yang cukup deras, sudah terjadi pada Kabupaten Empat Lawang, namun dirinya juga belum mengevakuasi paralatan rumah tangga dan barang dagangan karena masih menunggu instruksi kades untuk mengungsi. "Biasanya jika air sungai musi sudah naik, maka warga yang tinggal diwilayah hilir akan terkena dampak banjir," ungkapnya.

Kendatipun selalu terkena banjir, dia beserta warga lainnya hanya pasrah dan enggan pindah, dikarenakan sudah turun temurun mencari mata pencaharian di desa tersebut."Kami tidak bisa pindah, selain akan memakan biaya yang cukup besar, pernah dalam setahunnya terkena banjir mencapai sembilan kali," katanya.

Dengan adanya bencana banjir, dirinya juga sangat menyayangkan lambannya sikap pemerintah untuk membantu korban banjir, bahkan saat tahun kemarin bantuan tidak pernah sampai ke korban. "Untuk tahun ini kita mengharapkan, pemerintah terjun langsung kelapangan, dalam hal memberikan bantuan, karena ditakutkan tidak akan sampai lagi," jelasnya.(bmg/tribunsumsel)

Posting Komentar

0 Komentar