publikzone


 

Ketiga Pencuri Sawit Diringkus Koramil 0404-03 Pendopo

PALI, PS--Suhardi alias Di (35)  warga Desa Gunung Menang, Kecamatan Penukal, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) dan pengangkutnya Sudarmono (23) dan Jeri Harahap (16) keduanya warga Simpang Tais, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI diringkus jajaran TNI AD dari Koramil 0404-03 Pendopo. Pasalnya, ketiga pelaku mencuri sawit milik PT Sayang Elang, di Kecamatan Penukal, Kabupaten PALI. Ketiga pelaku diringkus di Dusun Jerambah Besi, Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Bulang, Kabupaten PALI Selasa (28/1) pukul 21.00 WIB.

Informasi yang berhasil dihimpun, penangkapan berawal dari kecurigaan petugas yang berpatroli, saat melihat dua kendaraan truk bermuatan sawit sedang terjebak di kubangan lumpur, di Dusun Jerambah Besi, Desa Karta Dewa, Kecamatan Talang Bulang, Kabupaten PALI.
Ketika hendak didekati ternyata tersangka Suhardi langsung melakukan perlawanan, dengan mencoba menarik senjata api rakitan (senpira) berisikan tiga butir peluru kaliber 38, tersimpan di dalam tas miliknya. Beruntung, secepat kilat petugas langsung memberikan perlawanan, sehingga tersangka berhasil diringkus.

Dan secara bersamaan dua anggota TNI AD dari tiga orang ini, juga langsung meringkus dua pelaku lainnya, Sudarmono dan Jeri Harapan, yang merupakan warga Simpang Tais, Kecamatan Talang Ubi, Kabupaten PALI, dari belasan pelaku yang berhasil melarikan diri di tengah hutan.

Dari tangan para pelaku, petugas berhasil mengamankan barang bukti berupa, sepucuk senpira berikut tiga peluru, alat isap sabu (bong), pirex dan satu plastik klip berisikan sisa sabu yang tersimpan didalam mobil  Daihatsu Terios, warna hitam, bernopol BG 1520 Y, milik tersangka Suhardi.

Tak hanya itu, petugas juga mengamankan dua mobil truk, bernopol BG 4593 EB dan BG 8701 UL, yang ditinggal kabur sopirnya,  bermuatan ratusan tandan sawit hasil curian yang siap dijual. Untuk ditindak lanjuti, petugas Koramil Pendopo ini, langsung menyerahkan semuanya ke Mapolsek Talang Ubi.

Menurut pengakuan Suhardi dirinya mengelak telah melakukan pencurian, melainkan hanya membeli dari pelaku Gs (Dpo). Sedangkan, senpira yang dipergunakan diakuinya dibeli dari tangan Rn (Dpo), warga Kecamatan Penukal Utara, dan peluru kaliber 38 didapatinya dari seorang anggota kepolisian.

"Pistol itu aku belinyo sehargo Rp1,5 juta, dan peluru aku kasih samo anggota polisi pak yang tugas di Polres Muara Enim. Aku dewek idak maling pak, melainkan beli. Jualnyo dewek aku ke PT Surya Bumi Agro Langgeng (PT SBAL,red) dan sudah duo bulan terakhir berlangsung," ujarnya.

Sedangkan pengakuan Sudarmono dan Jeri Harapan mengatakan, bahwa dirinya sama sekali tidak mengetahui apabila tandan sawit yamerupakan hasil curian. "Kami samo sekali idak tahu pak, kami cuma nguk bae dan upahnyo Rp20 ribu setiap tonnyo," katanya.


Sementara, Komandan Koramil 0404-03 Pendopo, Kapten Arm Broto Santoso menjelaskan, penangkapan terhadap pelaku pencurian ini, dilakukan untuk menekan terjadinya aksi kriminalitas di wilayah Kabupaten PALI, dalam penyambutan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 ini.


"Ini merupakan tindakan kita untuk menekan aksi kriminalitas di wilayah kita, dalam penyambutan pemilu yang akan kita jelang. Kita sudah serahkan semuanya ke pihak kepolisian, baik para pelaku dan barang buktinya, sehingga bisa ditindak lanjuti oleh pihak tersebut," terangnya kepada wartawan.


Terpisah, Kapolsek Talang Ubi, AKP Zai'an ZL mengatakan, pihaknya akan memperoses para pelaku dan melakukan pengembangan. "Kita akan lakukan pengembangan lebih lanjut, baik dari jaringan pencurian, senpira, dan narkobanya yang merupakan sebagai barang bukti," tegas Aan. (ne)

Posting Komentar

0 Komentar